Aug 122012
 

Hari pertama masuk sekolah bagi sebagian anak-anak adalah hari yang sangat menggembirakan, mereka sangat bersemangat untuk pergi ke sekolah dan bertemu dengan teman-temannya, namun bagi sebagian anak yang lain hari pertama masuk sekolah menjadi hari yang mendebarkan bahkan mungkin menakutkan, karena mereka harus berada di antara orang-orang yang baru, memang setiap anak memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda, karena itu diperlukan kerjasama yang baik antara guru dan orang tua untuk membuat anak-anak merasa aman dan nyaman berada di  sekolahnya, terutama untuk anak-anak yang benar-benar baru masuk sekolah, yaitu anak-anak playgroup atau TK A.

Begitu pula yang terjadi di TK Azhari Islamic School, hari pertama sekolah merupakan hari yang penuh dengan warna. Para guru meyambut kehadiran anak-anak yang datang dengan penuh antusias, “Assalammualaikum, siapa namanya ?”, sapa seorang guru dengan ramah, beberapa anak menjawab dengan tersipu namun ada juga yang segera bersembunyi di belakang orang tuanya.

Setelah jam masuk sekolah, anak-anak diarahkan untuk berbaris di depan kelasnya, hal ini dimaksudkan untuk menanamkan kedisiplinan pada anak-anak, dalam kegiatan berbaris ini anak-anak bersama-sama membaca surat Al Fatihah dan kalimat syahadat, seorang anakpun dipilih untuk memimpin teman-temannya berbaris, pada kegiatan ini orang tua diperbolehkan untuk menyaksikan, suasanapun sangat menarik, beberapa orang tua asyik merekam dan mengabadikan momen hari pertama sekolah ini, di sisi yang lain terlihat beberapa anak playgroup berbaris dengan ditemani oleh orang tua atau pengasuhnya.

Setelah berbaris, anak-anak masuk ke dalam kelas masing-masing, untuk playgroup dan TK A anak-anak masuk ke dalam kelas bintang, sedangkan untuk TK B masuk ke dalam kelas matahari. Pada hari pertama anak-anak diperkenalkan tentang sekolah, yaitu lingkungannya dan tata tertibnya, mereka sangat antusias saat diajak berkeliling sekolah. Pada hari pertama anak-anakpun mulai diajak untuk mengikuti kegiatan art and craft, yaitu membuat kolase lambang kelas masing-masing yaitu matahari dan bintang, kegiatan belajar pada masa orientasi ini hanya berlangsung sampai jam 10.

Pada hari kedua masa orientasi yang kebetulan jatuh pada hari Jum’at, anak-anak diperkenalkan dengan wudhu dan sholat, kegiatan sholat ini kemudian merupakan kegaiatan rutin yang dilakukan pada hari Jum’at di TK Azhari. Setelah berwudhu anak-anak diajak untuk sholat berjamaah, salah satu anak bertugas sebagai imam, dan juga ada bertugas membaca iqamat. Walaupun anak-anak belum dapat melakukan sholat dengan sempurna namun anak-anak terus dilatih sehingga akan terbiasa untuk melakukan sholat. Alhamdulillah masa orientasi yang berlangsung selama dua haripun berjalan dengan lancar berkat kerjasama semua pihak, kini anak-anak telah merasa aman dan nyaman di sekolah.

 Leave a Reply

(required)

(required)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>