Dec 172011
 

Memasuki tahun ajaran 2011/2012, TK Azhari melakukan penngembangan dalam bidang metode pengajaran. Dengan memasukkan metode pengajaran montessori, tanpa menghilangkan muatan dan kurikulum yang sudah diajarkan di tahun tahun sebelumnya. Tulisan ini akan menggambarkan secara singkat, mengenai apa dan bagaimana metode montessori ini mulai diterapkan. Serta bagaimana kendala dan proses pembiasaan sikap dan perilaku yang diharapkan.

Kegiatan harian di dalam kelas dibagi menjadi kegiatan terpimpin dan kegiatan sesuai minat. Kegiatan terpimpin, biasanya dimulai pagi hari dengan diskusi topik. Biasanya dengan membahas topik sesuaitema. term I yang lalu, tema tema yang sudah dibahas, adalah tentang sekolahku, aku dan identitasku, keluargaku, panca inderaku, perasaanku. Dan beberapa tema sisipan, seperti tema ramadhan dan iedul fitri.

Kegiatan lainnya, tahfizh, art n craft, olah tubuh, percobaan sederhana sains, mengerjakan lembar kerja siswa, ma’arif dan cookery n eating together. Kemudian kegiatan montessori time (bermain alat alat peraga di 5 area). Sedapat mungkin seluruh kegiatan kelas dilakukan terintegrasi sesuai tema. Mulai kegiatan pagi hari, sejak diskusi topik, pilihan lagu lagu, games, art n craft, story telling (buku seri “help me be good” ) dan kegiatan pengenalan alat montessori.

Kegiatan pada area area montessori yang sudah di perkenalkan pada anak diantaranya,

1. Area ketrampilan hidup, ground rules, (peraturan dalam kelas), cara berbicara didalam kelas (lembut, tidak berteriak dan menggunakan kata tolong, permisi, maaf dan terimakasih), cara berjalan dalam kelas, membuka dan menggunakan buku, melipat alas kerja, menggulung alas kerja lantai, membawa alat peraga, membereskan kursi, mengangkat kursi, membereskan meja, menuang kerang (besar), menuang mute, menuang air, memindahkan air dengan sendok, pipet, spons, dan alat suntik. Mengocok air, Memakai baju dengan kancing, velcrow, retsleting. Menganyam, meronce, dasar menjahit, membuka dan menutup gembok, memakai tali sepatu.

2. Area sensorial mengenal bentuk, dimensi, warna, dan bunyi..alat peraga yang sudah diperkenalkan knobbed cylinder (memasukkan silinder ke lubang yang cocok), red rod (menyusun 10 tongkat merah mulai dari yang paling panjang sampai terpendek), brown stairs ( menyusun balok coklat mulai dari yang paling besar sampai kecil), pink tower ( menyusun kubus pink mulai yang terbesar hingga terkecil, membentuk tower), knobbless cylinder ( bermain silinder warna kuning, merah, biru, hijau), kotak warna 1, 2, 3 ( mengenal warna primer, sekunder dan gradasi), papan halus kasar, kotak papan kasar, halus (rough n smooth box). Sounds box (mengenal suara mulai dari lembut sampai keras), fabric touch (mengenal kain halus kasar), stereognostic, (mengenal bentuk geometri solid), segitiga konstruktif. Laci geometri (mengenal macam2 bentuk geometri).

3. Area bahasa, di area ini anak dipersiapkan untuk membaca dan menulis. Di mulai dengan bernyanyi, bersyair, dibacakan cerita. Kemudian diikuti tahap berikut bermain alat inset design ( persiapan menulis dengan membuat garis dan bentuk geometri berpola), pengenalan huruf huruf kecil dan besar dengan sand paper alphabet ( papan huruf berpasir), alat LMA (large moveable alphabet) huruf huruf dibuat masing masing 5 buah dari kayu, dimainkan dengan pink box 1 s/d 5. (kotak berisi benda, kartu kata kata, kartu gambar, kartu kalimat).

4. Area matematika, pada area ini anak diperkenalkan konsep matematika mulai dari lewat lagu lagu, ceritadan permainan mulai dari paling mudah hingga perlahan bertambah tingkat kesulitannya tanpa anak merasa terbebani. karena menggunakan alat yang memudahkan anak memahami konsep dalam matematika. Alat alat yang sudah dipresentsikan pada anak, spindle box ( mengenal konsep bilangan 0-9), konsep bilangan ganjil dan genap), small number ( mengenal penambahan sederhana), short beads ( mute warna warni mengenalkan urutan bilangan dan penambahan sederhana).

5. Area budaya dan peradaban, pada area ini anak akan diperkenalkan dengan budaya dan lingkungan alam sekitar. Mulai dari benda benda yang ada di alam sekitar, binatang (berdasarkan beberapa klasifikasi) , tumbuhan (pohon dan bunga), peta indonesia dan dunia. Melalui permainan puzzle yang mudah dan menyenangkan. Permainan birthday walk ( mengenalkan konsep waktu).
Dalam setiap kegiatan, kami upayakan agar anak selalu memulai dengan basmallah dan mengakhirinya dengan hamdallah, agar menjadi kebiasaan sepanjang hidupnya kelak. Untuk menjadikan setiap kegiatan adalah ibadah.
Ciri khas dari kelas montesoori adalah kelas yang hening dan tenang, karena anak didorong untuk sibuk bermain dalam ketenangan dan berkegiatan dengan tertib dan sopan serta bergantian. Dalam hal ini sekolah kita sedang dalam proses menuju suasana seperti itu. Tidak mudah merubah budaya bermain dengan cara berbeda dari sebelumnya di waktu yang lalu.
Berdasarkan pengalaman sekolah montessori lain, proses pembentukan karakter anak yang tertib, sopan dan teratur membutuhkan waktu beberapa lama. Sesuai dengan lingkungan yang kondusif yang diterima oleh anak.
Semoga kita dapat mewujudkan hasil yang kita harapkan, membina anak anak kita menjadi para pembelajar yang cinta ilmu, iman dan berakhlak karimah. Aamiin

Kami lampirkan beberapa gambar kegiatan anak dalam kelas di area montessori.

 Posted by at 21:26

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)